Panduan Pembeli Otomasi Pemasaran



Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang perangkat lunak otomatisasi pemasaran sebelum membeli solusi untuk bisnis kecil Anda.

  • Perangkat lunak otomatisasi pemasaran berguna untuk semua jenis saluran pemasaran digital, termasuk email, media sosial, pesan teks, dan web.
  • Manfaat menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran mencakup prospek yang lebih baik, peningkatan produktivitas karyawan, dan peningkatan retensi pelanggan.
  • Harga bervariasi berdasarkan penyedia, ukuran daftar kontak Anda, dan fitur yang dibutuhkan bisnis Anda.
  • Panduan ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil dan pemasar yang tertarik untuk membeli perangkat lunak otomatisasi pemasaran yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan perangkat lunak tersebut dan berapa biayanya.

Otomatisasi pemasaran adalah alat yang harus dimiliki oleh pemasar modern yang ingin merampingkan tugas, meningkatkan produktivitas, dan menurunkan biaya.

Menurut Forrester's Marketing Automation Technology Forecast, otomasi pemasaran adalah salah satu teknologi dengan pertumbuhan tercepat yang tersedia, dengan proyeksi tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 14% selama lima tahun ke depan.

Panduan ini akan menjelaskan apa itu perangkat lunak otomatisasi pemasaran, cara kerjanya, manfaatnya, harga, dan di mana membeli perangkat lunak tersebut.

Apa itu perangkat lunak otomatisasi pemasaran?

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran memungkinkan tim pemasaran untuk merampingkan, mengotomatisasi, dan menganalisis tugas dan alur kerja pemasaran, termasuk pembuatan prospek, segmentasi, penangkapan dan pemeliharaan prospek, pemasaran hubungan, retensi pelanggan, analitik, dan pemasaran berbasis akun. Penggunaan otomatisasi pemasaran dapat mempercepat proses dan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan ditargetkan untuk pelanggan Anda, serta menghilangkan tugas yang membosankan dan memakan waktu untuk Anda dan karyawan Anda.

"Solusi [ini] membantu pemasar untuk mengotomatiskan tugas berulang dan titik kontak komunikasi untuk kampanye pemasaran yang lebih efektif," kata Rafal Kloc, manajer pemasaran produk di HelpDesk"Mereka biasanya digunakan untuk mengotomatisasi proses, seperti orientasi produk, kampanye pengaktifan kembali, pengumpulan umpan balik, kampanye peningkatan penjualan, dll. Mereka mempercepat pekerjaan secara signifikan dan, setelah diterapkan, memfasilitasi aliran data menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan."

Otomatisasi pemasaran, ketika dimanfaatkan dengan benar, memungkinkan Anda untuk memelihara prospek menggunakan konten yang ditargetkan dengan baik untuk mengubahnya menjadi pelanggan yang puas. Ini memfokuskan upaya Anda untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Namun, otomatisasi pemasaran tidak akan melakukan segalanya untuk Anda; perangkat lunak ini dirancang untuk mengotomatisasi proses tertentu untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah, tetapi masih memerlukan upaya yang signifikan dari pihak Anda.

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran dapat digunakan untuk membantu memecahkan beberapa masalah pemasaran umum, termasuk:

  • Melacak dan mengoptimalkan keterlibatan pengguna
  • Mengubah prospek menjadi pelanggan
  • Memperbaiki saluran penjualan yang "bocor"
  • Prospek yang memenuhi syarat
  • Menutup inefisiensi pemasaran dan kesenjangan teknologi

Takeaway utama: Otomatisasi pemasaran adalah proses mengotomatisasi tugas pemasaran yang membosankan atau memakan waktu. Ini dirancang untuk merampingkan proses pemasaran Anda.

Siapa yang menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran?

Meskipun bisnis apa pun dapat menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran, bisnis dengan kehadiran online yang kuat cenderung menggunakannya.

"Semua departemen dapat menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran, tetapi yang terpenting, tim pemasaran, penjualan, dan produk," kata Kloc. "Tim-tim ini paling sering memutuskan untuk menerapkan solusi seperti itu ketika mereka melihat proses komunikasi berulang dengan pelanggan yang dapat diotomatisasi."

Industri teratas yang menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran meliputi:

perusahaan B2B

Perusahaan bisnis-ke-bisnis (B2B) menjual layanan mereka langsung ke bisnis lain. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran menawarkan perusahaan B2B kontrol atas audiens mereka, data pelanggan, dan penanda keberhasilan kampanye sambil mengurangi risiko membuang-buang uang untuk kampanye pemasaran yang gagal.

Pengadopsi utama perangkat lunak otomasi pemasaran B2B meliputi:

  • Perusahaan perangkat lunak dan internet
  • Perusahaan telekomunikasi
  • Perusahaan komputer dan elektronik
  • Perusahaan jasa keuangan

perusahaan B2C

Perusahaan bisnis-ke-konsumen (B2C) menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran untuk meningkatkan strategi pemasaran multisaluran mereka dengan mengidentifikasi area untuk peningkatan dan melacak kemajuan, dan mengotomatisasi tugas-tugas kasar. Perusahaan B2C juga menggunakan otomatisasi pemasaran untuk menurunkan biaya overhead, menghasilkan prospek, dan meningkatkan analisis data.

Pengadopsi utama Pengadopsi B2C perangkat lunak otomasi pemasaran meliputi:

  • Bisnis ritel dan e-niaga
  • Perusahaan manufaktur
  • Perusahaan real estat

Takeaway utama: Perangkat lunak otomasi pemasaran digunakan oleh beberapa industri yang berbeda, termasuk perusahaan ritel, perawatan kesehatan, keuangan, dan real estat.

Cara kerja perangkat lunak otomatisasi pemasaran

"Secara umum, poin utama dari perangkat lunak otomatisasi pemasaran adalah untuk membebaskan sumber daya utama dalam bisnis yang dilakukan secara manual, sementara juga memungkinkan perusahaan untuk mengeksplorasi konsep-konsep seperti segmentasi mikro dan personalisasi dalam skala besar," kata Sohum Talreja, manajer MarTech dan otomatisasi di FanDuel.

Ada empat komponen utama perangkat lunak otomatisasi pemasaran:

  • Basis data pemasaran pusat: Di sinilah data tentang prospek prospektif, interaksi pelanggan, dan perilaku pengguna disimpan dan dianalisis untuk membantu Anda mengelompokkan dan menyesuaikan pesan pemasaran Anda dengan pelanggan.

  • Mesin pemasaran keterlibatan: Komponen ini adalah tempat Anda membuat, mengelola, dan mengotomatiskan proses pemasaran dan percakapan Anda di semua saluran Anda, baik secara offline maupun online.

  • Mesin analitik: Ini adalah cara Anda menguji, mengukur, dan mengoptimalkan ROI pemasaran dan dampak pendapatan Anda. Mesin ini membantu Anda melihat apa yang berfungsi dengan baik, apa yang tidak berhasil, dan area mana dari strategi pemasaran Anda yang perlu ditingkatkan.

  • Tumpukan teknologi pemasaran: Juga disebut sebagai tumpukan MarTech, tumpukan ini terdiri dari semua aplikasi lain yang Anda gunakan (platform SaaS, alat media sosial, sistem manajemen konten, alat komunikasi, dan alat analitik) untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

Untuk memulai perjalanan perangkat lunak otomatisasi pemasaran Anda, ikuti empat langkah berikut:

1. Rencana

Langkah terpenting dalam menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran adalah membuat rencana terperinci yang menguraikan bagaimana Anda akan menggunakannya, bagaimana Anda akan melacak kesuksesan Anda dan tujuan apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan perangkat lunak tersebut.

Pikirkan tentang strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, apa yang Anda ingin perangkat lunak otomasi pemasaran lakukan untuk Anda, dan kemudian buat daftar fitur yang Anda inginkan dari perangkat lunak tersebut.

Beri tahu penyedia Anda tentang perangkat lunak bisnis lain yang Anda inginkan untuk terintegrasi dengan perangkat lunak otomasi pemasaran, karena banyak alat otomasi pemasaran terintegrasi dengan platform lain.

2. Menerapkan perangkat lunak

Setelah Anda memutuskan sebuah solusi, sebagian besar penyedia menawarkan layanan implementasi dan orientasi, meskipun sebagian besar penyedia mengenakan biaya tambahan untuk layanan ini. Latih orang yang tepat di tim Anda, dan tunjuk pemimpin Anda. Sering-seringlah check-in dengan semua orang yang menggunakan perangkat lunak untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut memenuhi kebutuhan semua orang dan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Rencanakan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan

Miliki rencana untuk mengukur dan melacak upaya pemasaran Anda dengan benar. Empat indikator kinerja utama (KPI) yang harus Anda fokuskan dengan perangkat lunak otomatisasi pemasaran Anda adalah:

  • Akuisisi: Apakah Anda mendapatkan pelanggan baru?
  • Keterlibatan: Apakah pelanggan Anda berinteraksi dengan konten Anda?
  • Konversi: Apakah prospek Anda bergerak melalui perjalanan pembelian?
  • Retensi: Apakah pelanggan Anda tetap bertahan dengan bisnis Anda?

4. Optimalkan jika perlu

Setelah Anda memiliki cukup data yang dikumpulkan, Anda akan menggunakan informasi itu untuk mengoptimalkan konten dan strategi pemasaran Anda untuk hasil yang lebih baik. Evaluasi strategi pemasaran apa yang paling ditanggapi audiens Anda, dan terapkan strategi tersebut ke area di mana Anda sedang berjuang.

Menyesuaikan perangkat lunak otomatisasi pemasaran

Otomatisasi pemasaran adalah proses yang sangat dapat disesuaikan yang Anda sesuaikan untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis spesifik Anda.

Berikut adalah tiga cara pemasar menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran:

Menentukan kriteria

Untuk mendapatkan manfaat terbesar dari perangkat lunak otomatisasi pemasaran, Anda perlu menentukan kriteria dan hasil yang tepat untuk tugas dan proses tertentu yang Anda inginkan untuk dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Kriteria itu kemudian ditafsirkan, disimpan, dan ditindaklanjuti oleh perangkat lunak. Misalnya, dengan pemasaran email, Anda mungkin ingin menyiapkan kampanye tetes sehingga setiap pelanggan yang mendaftar ke buletin Anda secara otomatis dikirimi email dengan tautan ke buletin.

Menggunakan cookie

Cookie melacak perilaku pengunjung di situs web Anda; mereka mengumpulkan data pengguna dan dapat menginformasikan strategi pemasaran Anda. Data yang dikumpulkan melalui cookie dapat memberi tahu Anda hal-hal seperti konten apa yang paling menarik pengunjung, apa yang akan dikunjungi pengunjung situs web lain, halaman web mana yang paling jarang dikunjungi, dan banyak lagi. Informasi ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan konten Anda untuk meningkatkan daya tariknya di antara pelanggan Anda.

Menggunakan formulir untuk mengumpulkan informasi

Formulir web adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan informasi pelanggan. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran membuat dan menyimpan formulir, mengumpulkan dan menyortir data, dan mengirimkan informasi kepada pelanggan menggunakan informasi kontak yang mereka berikan. Perangkat lunak ini membantu perusahaan mengidentifikasi prospek mana yang paling mungkin dikonversi menjadi pelanggan, memungkinkan Anda untuk fokus pada prospek tersebut.

Takeaway utama: Perusahaan menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran untuk mengotomatisasi tugas pemasaran utama seperti kampanye tetes dan untuk mengumpulkan data pelanggan dari cookie dan formulir web untuk memaksimalkan upaya pemasaran mereka.

Manfaat menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran

Berikut adalah 11 manfaat menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran:

1. Tingkat konversi yang lebih tinggi

Otomatisasi pemasaran dapat mengarahkan konten pemasaran Anda ke pelanggan yang tertarik dengan bisnis Anda, yang dapat membantu Anda meningkatkan kemungkinan penjualan atau mengubah prospek menjadi pelanggan.

2. Peningkatan produktivitas karyawan

Dengan mengotomatiskan tugas pemasaran manual yang membosankan, karyawan Anda dapat mencurahkan waktu untuk tugas lain yang lebih penting.

3. Peningkatan alur kerja

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran dapat membantu menciptakan proses yang lebih lancar dengan menetapkan dan melacak tugas, memperingatkan anggota tim tentang perkembangan baru, mengotomatiskan penjadwalan, memfasilitasi komunikasi, dan memungkinkan kolaborasi.

4. Hubungan pelanggan yang lebih dalam

Karena perangkat lunak membantu Anda mempersonalisasi konten pemasaran Anda, Anda dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

5. Ukuran keberhasilan yang konkrit

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran menyediakan cara yang mudah dan terukur untuk melacak kesuksesan Anda dan melihat area mana yang perlu ditingkatkan dengan menyediakan data pada KPI.

6. Perjalanan pembelian yang dipersonalisasi

Tujuh puluh tujuh persen pembeli mengatakan mereka ingin konten unik dikirimkan kepada mereka di setiap tahap perjalanan pembelian mereka. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran mengumpulkan informasi dari setiap pelanggan, menganalisis perilaku pengguna mereka, dan menangkap data yang kemudian digunakan tim Anda untuk membuat konten yang disesuaikan untuk setiap pelanggan.

7. Prospek yang lebih baik

Meskipun tergoda untuk percaya bahwa semakin banyak prospek yang Anda miliki, semakin sukses kampanye Anda, Anda memiliki peluang sukses yang lebih tinggi dengan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan jika Anda mengadopsi pendekatan yang ditargetkan. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran membantu Anda mengasah strategi dengan mengidentifikasi prospek mana yang paling potensial berdasarkan sistem penilaian yang Anda tentukan.

8. Pemeliharaan prospek yang lebih mudah

Dengan prospek Anda di tangan, Anda dapat mengotomatiskan kampanye tetes dan komunikasi lainnya untuk membuat konsumen tetap tertarik dengan bisnis Anda. Perangkat lunak melakukan ini dengan menganalisis perilaku pelanggan dan menyebarkan kampanye bertarget berdasarkan informasi tersebut.

9. Pelaporan dan analitik terpusat

Dengan menggunakan semua data terkait yang disimpan dan diatur tentang pelanggan Anda, Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk kampanye pemasaran Anda.

10. Profil pelanggan yang kaya

Dengan memasangkan perangkat lunak otomatisasi pemasaran dengan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), Anda dapat membuat database pelanggan yang mendalam. Profil pelanggan dilengkapi dengan informasi pelacakan perilaku terperinci, demografi, dan perilaku pengguna, yang semuanya membantu Anda menyesuaikan pengalaman pelanggan.

11. Peningkatan pendapatan

Otomatisasi pemasaran dapat meningkatkan pendapatan dengan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian, serta menerapkan kampanye untuk mempertahankan pelanggan tersebut.

Takeaway utama: Perangkat lunak otomatisasi pemasaran dapat memiliki banyak manfaat, termasuk peningkatan pendapatan, prospek yang lebih baik, indikator keberhasilan yang terukur, dan alur kerja yang lebih baik.

Harga otomatisasi pemasaran

Ada banyak penyedia perangkat lunak otomatisasi pemasaran yang berbeda, yang masing-masing menawarkan struktur harga dan fitur yang berbeda. Tergantung pada penyedianya, harga mungkin merupakan langganan bulanan (SaaS perangkat lunak sebagai layanan), atau Anda mungkin harus memberikan informasi spesifik tentang perusahaan Anda untuk mendapatkan penawaran khusus.

Dengan sebagian besar solusi SaaS, perkirakan untuk membayar mulai dari $15 hingga $90 per bulan untuk paket dasar dengan kemampuan dan fitur terbatas. Paket yang lebih canggih berharga $ 100 hingga $ 270 per bulan, sedangkan paket paling komprehensif berharga $ 300 atau lebih per bulan.

Penyedia biasanya menetapkan harga paket mereka dengan salah satu dari dua cara berikut:

  • Paket berlangganan bulanan (SaaS): Sebagian besar vendor menawarkan paket berlangganan bulanan dengan berbagai tingkatan berdasarkan fitur dan jumlah kontak yang didukung. Tingkat harga tertinggi umumnya mencakup integrasi dengan platform penjualan dan fitur-fitur canggih seperti enkripsi data, konten prediktif, dan penargetan ulang situs web. Paket ini adalah jenis yang paling umum dan cocok untuk perusahaan yang mencari alat multifungsi yang memungkinkan mereka menjalankan analitik, memelihara dan mengonversi prospek, serta berkolaborasi dengan tim lain.
  • Paket per kontak, per bulan: Jenis paket ini kurang umum. Dalam struktur ini, vendor menagih Anda berdasarkan jumlah kontak yang Anda miliki di database Anda. Penyedia ini sering memiliki kalkulator di situs web mereka Anda memasukkan nomor kontak Anda dan vendor langsung mengirimkan penawaran. Jenis paket ini ideal untuk perusahaan B2C yang memiliki prospek potensial dalam volume tinggi.

Ada biaya lain yang harus diperhatikan ketika melihat perangkat lunak otomatisasi pemasaran. Empat yang paling umum adalah:

  • Implementasi dan orientasi: Penyedia mungkin meminta Anda untuk membeli paket implementasi dan orientasi, yang mencakup migrasi data perusahaan Anda, menyiapkan dasbor Anda, melatih staf Anda, dan mengadakan check-in pasca-implementasi.
  • Fitur tambahan: Jika Anda menginginkan fitur yang tidak termasuk dalam paket bulanan asli Anda, beberapa penyedia mengizinkan Anda membelinya dengan biaya tambahan.
  • Dukungan pelanggan: Meskipun sebagian besar paket menyertakan beberapa bentuk dukungan pelanggan dengan biaya berlangganan bulanan, Anda mungkin perlu membayar ekstra untuk dukungan prioritas, akses 24/7 atau perwakilan dukungan pelanggan pribadi yang berdedikasi.
  • Konsultasi: Beberapa penyedia menawarkan layanan konsultasi, yang mungkin ditawarkan sebagai sesi satu-satu, webinar, atau umpan balik tentang kampanye.
Untuk informasi lebih lengkap seputar bisnis dan pemasaran kunjungi DariBerita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AGON by AOC mengumumkan monitor dan mouse gaming dan mouse yang didukung NVIDIA Reflex, 300 Hz, QHD AGON PRO

Bagaimana Pelembab Mempengaruhi Kulit Anda dan Mengapa Alami Terbaik

Bolehkah Daging Aqiqah Dibagikan Ke Orang Non Muslim